jump to navigation

Nyoba Nambal Ban Tubeless Pake Lem Super Glue (Alteco) 13 Februari 2016

Posted by Cak Akim in Tips & Trik.
Tags: , , , , , , ,
trackback

image

Motohits – Jiah apes tenan mas bro.. STNK belum keluar motor sudah kena sedikit masalah. Sebelumnya motohits pernah share perihal Honda Vario 125 ISS warna merah yang akhirnya di boyong kerumah (monggo baca disini). Nah hari kamis (11/2) kemarin pas lagi di cuci ndilalah liat paku payung kecil/thumb thacks nancap di ban. Pikir motohits nggak masalah nih paling paku kecil sepertinya nggak nancep kedalem, toh ban type tubeless juga masih baru. Ya wes tak cabut saja.. Ealah koq ternyata keluar angin, alamat bocor nih.

Benar mas bro, ban ternyata bocor dengan lubang bisa dikatakan kecil banget. Sempet mau dibawa ke tukang tambal ban.. Tapi kayaknya koq agak gimana ya mengingat bocornya cuma kecil banget. Setahu motohits nambal ban tubeless pake semacam jarum gede dikasih ban mentah segede jari buat lubang yang bolong. Lah bisa-bisa nanti digedein dulu lubangnya.. Sayang kan..

Inisiatif muncul, coba tanya pak de gugel barang kali ada trik atau cara nambal ban tubeles. Nah nggak butuh waktu lama akhirnya motohits nemu beberapa artikel cara menambal ban tubeless. Lho ternyata bisa pake lem power glue dan semacamnya tho.. Masih belum percaya, coba searching lagi dan akhirnya nemu artikel di Mazped.com. Owalah ternyata Mazped sendiri sudah pernah praktik dan berhasil.. Baca-baca komentarnya juga banyak testimoni positif menambal ban tubeles dengan cara ini.

Oke akhirnya yakin saja dah.. Namun motohits sengaja nggak langsung praktik. Iseng ban dibiarin kempos sekalian ngetes seberapa tahan. Nah kemarin seharian motor nganggur dirumah.. Baru hari ini (13/2) dicek ternyata angin masih ada sekitar 70% bro. Wajar sih bocornya cuma kecil.. Ya wes mumpung nganggur juga hari ini langsung praktik. Beli lem Alteco sekalian nyari peniti buat masukin lem ke lubang yang bocor (Kalau bocornya gede bisa pake paku).

image

Shippp.. Lem sudah ditangan langsung eksekusi. Pertama ban motohits cuci dulu sekalian nyari spot yang bocor.. Nah setelah dicuci bersih dilap biar kering. Kemudian ban kemposin sampe habis biar nggak ada tekanan angin saat proses penambalan. Langsung saja spot yang bocor kasih lem sedikit saja dan di sodok-sodok :mrgreen: pake peniti agar lem masuk ke lubang. Selesai diamkan sekitar 10-15 menit agar lem benar-benar kering.

image

Oke setelah kering ban di pompa dengan pompa manual. Nggak 100% bro, cukup 70% dulu kemudian di area lem kasih air buat ngecek masih timbul gelembung nggak. Kalau masih berarti gagal. Taraaaaa ternyata motohits sukses bro.. Nggak ada gelembung yang timbul. Mantappp dah.. Ya wes tambah angin sampai cukup.

Awet nggak bro? Menurut testimoni di artikel-artikel sih katanya sampai ban botak cara menambal ban tubeless dengan lem super glue ini tetap awet. Hmmm semoga saja deh.. Aminn.. 😀

Ya wes sekian dulu artikel kali ini. Semoga bermanfaat.. Bagi mas bro yang mengalami hal serupa coba saja, nggak ada salahnya koq.. Hehe

Semoga berguna

===================
Ditulis oleh Cak Akim

Ikuti/kontak motohits:
Facebook Fanspage : motohits.com
Twitter : @motohits
BBM Channel : C004650ED
Email : redaksimotohits@gmail.com
Blog lain : http://akimotoride.wordpress.com

Artikel menarik lainnya:

Komentar»

1. Ferboes - 13 Februari 2016
sebarkan.org - 13 Februari 2016
2. ardiantoyugo - 13 Februari 2016

sayah biasanya pake tire guard… :mrgreen:

3. bmspaces - 13 Februari 2016
4. mansarPost - 13 Februari 2016

wahh coba ahh nanti kalo misalnya bocor.. 😀

btw itu ditusuk2 pake jarum bukannya malah makin banyak bolongnya.. hehehe

Cak Akim - 13 Februari 2016

Boleh di coba mas monggo.. 😀
Wkwkw iya2 bener, makanya nusuknya harus pas sama yg bolong

5. John_Hendy - 13 Februari 2016

Ga bertahan lama, kena aspal lemnya pecah, wait and see

6. Sarkanik - 30 September 2016

lem jenis ca buat bahan yg statis,kaku..klo ban? klo asal trs waktu kecepatan tinggi gimana klo meletus di bagian yg dilem?hargai pengguna jalan lain,bisa nabrak pengendara lain..klo jln pribadi no problem..

7. Supian - 25 Oktober 2016

Ini dia Bro, saya baru baca artikelnya. Dulu ban motor saya ketusuk paku agak gede dan saya bawa ke tambal ban tubless seharusnya bagus malah jadi rusak itu ban sampai di tusuk 2 kali masih juga bocor. Pakunya masuknya mereng eh malah sama tambal ban di tusuk rata yahnda kena tuh, terpaksalah saya belikan ban dalam, entar saya akan coba nie. Apakah ini masih bertahan tambalannya bro.

8. caracek - 11 November 2016

wah trik yang tidak kepikiran, patut dipraktekkan


Tinggalkan komentar