jump to navigation

Pentingnya Kontrol Emosi Saat Mengendarai Motor Sport 25 Agustus 2014

Posted by Cak Akim in otomotif, Uncategories.
Tags: ,
trackback
kecelakaan yamaha r25

kecelakaan R25

Motohits – Bro sis sekalian, maraknya kasus kecelakaan roda dua khusunya motor sport yang terjadi belakangan ini tentu membuat miris kita semua. Memang tak dapat dipungkiri memiliki motor sport dengan power mumpuni akan memacu adrenalin untuk membetot gas sekencang mungkin. Terlebih bila ada rider lain yang mengintimidasi entah dengan cara memblayer-blayer di dekat kita atau dengan cara lain. Tak jarang pula ada yang terpancing dan meladeninya.

Padahal kita tahu jalanan bukanlah tempat untuk kita memacu kendaraan dengan kencang, tentu ada standar kecepatan yang sudah ditentukan sesuai dengan kelas jalan tersebut. Namun sering kali hal tersebut dilanggar hanya karena ingin mempertontonkan power motor kepada pengguna jalan lain. Lebih parahnya, jika dengan sengaja adu kecepatan antar sesama pengguna motor sport dijalanan umum. Tentu hal tersebut tidak dibenarkan baik dari peraturan berlalu lintas maupun secara etika berkendara.

kecelakaan ninja 250r

kecelakaan ninja 250

Sebab dampak negatif yang ditimbulkan bukan hanya pada dirinya sendiri. Bila terjadi kecelakaan, tak jarang pula melibatkan pihak lain yang harusnya tidak terlibat dalam keegoisan rider yang kebut-kebutan tersebut.

Mengendarai motor sport memang pada dasarnya tidak bisa disamakan dengan motor komuter biasa seperti bebek/matic. Disamping power yang lebih tinggi, hasrat ingin membetot tuas gas seperti motohits bilang diatas tentu lebih kuat. Nah maka dari itu pengendara motor sport harusnya mempunyai skill yang lebih. Skill disini bukan hanya masalah praktik mengendarai sepeda motor, namun teori-teori berkendara juga penting untuk menunjang keselamatan. Selain itu yang tak kalah penting adalah skill emosional kita. Inilah faktor yang sering kali menjadi pemicu terjadinya kecelakaan. Kurangnya kontrol emosi kita saat berkendara memang akan berpengaruh besar pada tingkah laku berkendara. Terlebih bila skill mengendarainya masih asal-asalan. Alhasil kombinasi tersebut biasanya membawa effect buruk ketika mengendarai motor sport. Nahh biasanya para ABG pengendara motor sport inilah yang sering kali labil dan mudah terpancing. Tanpa pikir panjang biasanya mereka akan memacu kuda besi hingga speed yang dia inginkan.

Inilah yang harus kita benahi bersama. Baik dari pihak produsen, polantas, maupun kita sebagai pengendara. Perlunya pengetahuan dan pembelajaran kontrol emosi untuk kebutuhan berkendara motohits rasa sangat penting pada era sekarang ini. Produsen sendiri memang sering mengadakan safety riding untuk lebih meningkatkan skill dan pengetahuan berkendara. Namun motohits rasa hal ini tidaklah cukup, karena biasanya hanya dilakukan oleh pabrikan pusat tanpa pemerataan di daerah-daerah. Mungkin inilah yang perlu ditingkatkan, dengan koordinasi produsen pusat dan dealer-dealer misalnya agar pembelajaran safety riding ini bisa merata di semua daerah-daerah. Selain itu pihak polantas juga lebih memperketat syarat pembuatan SIM. Tak cukup sampai disitu seminar-seminar tentang keselamatan berkendara juga harus lebih ditingkatkan.

Sedangkan dari faktor intern, kita sebagai pengendara juga harus lebih bijak dalam mengendarai kuda besi. Jangan hanya power motor kita besar kita sering kali memacu kuda besi kesayangan dengan kecepatan tinggi. Selain itu intimidasi-intimidasi dari pengendara lain juga harus bijak kita sikapi. Sekali lagi, kontrol emosi sangatlah perlu bagi pengendara motor sport. Kita harus menjadi pengendara yang mampu mengendalikan motor kita, bukan sebaliknya.

So.. Keep safety riding bro sis.. bijaklah dalam berkendara, ingat keluarga kita menanti dirumah.

Semoga berguna

Komentar»

1. uutbeniandriyanto - 25 Agustus 2014

Pamer sithik, juossss..kotos2 mongtore, tenaga jambakan setan memang menantang adrenalin. wayahe insaff

chakim92 - 25 Agustus 2014

haha.. itu dia, kadang rasa pamer sitik joss yang jadi pemicu 😀

2. Mase - 25 Agustus 2014

Mereka perlu di edukasi

Akhirnya Ketahuan Siapa Dia

chakim92 - 25 Agustus 2014

Bener kang.. monggo mase yang kasih edukasi. 😀

Mase - 25 Agustus 2014

saya edukasikan kepada kalian semua penunggang motor semprot, mari beralih ke supra fit… :mrgreen:

chakim92 - 25 Agustus 2014

jiah malah dadi sales honda ki 😀

Mase - 26 Agustus 2014

Honda dilawan ora iso coe

chakim92 - 26 Agustus 2014

kudune di opoke? :v

Mase - 26 Agustus 2014

opo yo…
#miker

3. vanz.motoblog - 25 Agustus 2014

Termasuk bebek sport juga ;p

4. Kobayogas - 25 Agustus 2014

di mulai dari media massa ya? atau keluarga

chakim92 - 25 Agustus 2014

keluarga dulu kali ya mas?

5. rizkyrm - 25 Agustus 2014

yang harus diedukasi itu menurut saya malah orang yang baru pindah dari motor komuter ke entry sport bike.
___________________

LX150 Projekt

chakim92 - 25 Agustus 2014

yups, orang2 itu yang kadang masih penasaran dan belum terlalu paham. Tapi yang sudah lama pun harusnya jangan sok-sokan mas, terlebih yang suka mengintimidasi 😀

rizkyrm - 25 Agustus 2014

pengalaman saya pribadi sih, lebih sok anak2 cc tanggung dibanding moge mah.

chakim92 - 25 Agustus 2014

setuju mas, biasanya yang punya moge itu sudah punya pengetahuan lebih.

6. wongserut - 25 Agustus 2014

jangan lupa jalanan juga belum sesuai sama motor yang bener2 sport, selain kualitas juga kepadatannya

Ketemu Ninja 150L Versi Drag Liar

chakim92 - 26 Agustus 2014

yups, bener mas… macet euy 😀

7. irzie - 25 Agustus 2014

Ngeri gan kalau liat orang kebut-kebutan gitu, apalagi kalau malah saling adu balap tanpa pengaman.

chakim92 - 26 Agustus 2014

iya gan, kayak udah gak takut mati saja

8. warungasep - 26 Agustus 2014
chakim92 - 26 Agustus 2014

shipppp

9. eko - 4 Januari 2016

naik pesawat jet aja biar cepat sampai ke tujuan 🙂


Tinggalkan komentar