jump to navigation

Opini : Kawasaki Jangan Hanya Fokus Pada Produk Baru, Dua Faktor Ini Juga Penting.. 28 Agustus 2014

Posted by Cak Akim in kawasaki, motorcycle, otomotif.
Tags: , ,
trackback

Motohits – Bro sis sekalian, Kawasaki selama ini memang dikenal sebagai pabrikan dengan beberapa produk sportbikenya yang disegani para pecinta motor tanah air. Kendati pernah juga memasarkan produk berjenis bebek, namun konsentrasi Kawasaki bisa dibilang hanya ke segmen sport saja. Uniknya, Kawasaki juga seringkali berspekulasi dengan meluncurkan produk yang di Indonesia sendiri belum dijamahi pabrikan lain. Artinya Kawasaki secara berani mengadu peruntungan membuka segmen baru dimana segmen tersebut masih nihil persaingan. Nahh hal ini juga sebenarnya merupakan strategi untuk menghindari head to head langsung dengan pabrikan lain.

Tak terkecuali di segmen sportbike 250cc. Kala itu Kawasaki dengan berani merilis Ninja 250R. Motor yang membuka segmen ini sekaligus menjadi pemain pertama di tanah air. Padahal kita tahu segmen ini bisa dibilang minim penyerapan, sebab secara harga sendiri motor dengan kapasitas mesin 250cc dijual lebih mahal dari pada motor komuter biasa. Selain itu peminatnya juga tak bisa disamakan dengan motor-motor berkubikasi kecil seperti lainnya.

Selang beberapa tahun kemudian ternyata perjuangan Kawasaki membuahkan hasil yang baik. Segmen ini mulai berkembang hingga menjadikan produknya laris manis. Wajar dong karena memang disini belum ada kompetisi. Nahh saat itulah para kompetitor mulai melirik segmen ini. Puncaknya ketika Yamaha R25 lahir sebagai pesaing Ninja 250 Fi yang selama ini menjadi raja. R25 hadir sengan segala nilai plusnya dan siap menggerus pasar sang Ninja.

Nahh untuk menghadapi kompetitor yang satu ini Kawasaki saat ini tengah dirumorkan akan meracik Ninja 250 Fi dengan desain dan mesin baru. Kabarnya Kawasaki akan membenamkan mesin 250cc 4 silinder guna fight back R25.

Memang hal tersebut merupakan langkah tepat untuk memenangkan kompetisi yang semakin ketat ini. Namun perlu di ingat, selain dari produk itu sendiri R25 juga mempunyai dukungan penuh dari faktor lainnya seperti jaringan dealer dan layanan after sales. Faktanya Yamaha memang mempunyai ribuan dealer di Indonesia yang siap mendistribusikan R25 untuk konsumen. Nahh inilah yang harus menjadi catatan Kawasaki. Selain dari produk itu sendiri jaringan dealer serta layanan after sales sangatlah penting untuk menunjang kesuksesan sebuah produk. Yups, harus di akui Kawasaki masih kalah dengan Yamaha mengenai dua faktor ini. Jadi strategi fight back jangan hanya terfokus pada produk baru saja, jaringan dealer harus mulai diperbanyak. Percuma juga tho punya produk bagus tapi calon konsumen yang ingin meminang harus bersusah payah dulu.

Untuk layanan after sales sendiri juga demikian. Tak jarang pengguna Ninja yang mengeluhkan lamanya inden sparepart untuk kuda besi kesayangan. Di akui atau tidak pada segmen ini pabrikan dituntut untuk sangat memanjakan konsumen. Nah bila masih terjadi demikian jangan harap bisa memenangkan kompetisi.

So.. Inilah realitanya, banyak faktor pendukung lain selain dari produk itu sendiri untuk kesuksesan sebuah produk. Kita harap Kawasaki sudah memikirkan hal ini agar kedepan persaingan semakin ketat..

Semoga berguna

Komentar»

1. otomotifkuterpopuler - 28 Agustus 2014

keren memang yo. weleh weleh

chakim92 - 28 Agustus 2014

Jossss 😀

2. Maskur - 28 Agustus 2014

benaaaaaaaaarrrrrrrrr
jangan lupa pengguna bebek juga diperhatikan

chakim92 - 28 Agustus 2014

Shipp mas.. Semoga kawasaki begitu

3. vanz.motoblog - 28 Agustus 2014

250cc 4 silinder bikin keringetan juga.. tapi bagi yang sudah pegang hepengnya ttp lebih menarik naik cc ke 600cc 4 silinder misalnya, atau 800cc v-twin. ngomongin soal bengkel resminya kayaknya malah lebih banyak ‘motor hobby’ kawasaki yg masuk ‘bengkel temen’ karena faktor temen dan sekalian sama variasi dan part performance..

modif ninja250r keren ala Bro Lutfi:
http://vanzmotoblog.com/2014/08/28/modifikasi-ninja250r-karbu-merah-rapi-jali-ala-bro-lutfi/

4. chakim92 - 28 Agustus 2014

Iya bro setuju.. Tpi klau mau naik langsung ke 600cc mungkin tidak bisa semua rider begitu.. Tentunya karena masalah harga..
Bener juga ya mas, kebanyakan justru ke bengkel temen komunitasnya. Tapi untuk spare part ori tentu ya harus Kawasaki,

5. orong-orong - 28 Agustus 2014
6. setia1heri - 28 Agustus 2014
chakim92 - 28 Agustus 2014

semoga kang

7. Jika Desain Next Ninja 250 Fi Seperti Dalam Spyshot Ini, Sudah Cukupkah Untuk Membendung R25? | motohits - 4 Oktober 2014

[…] ini. Tapi tentunya bukan hanya produk mas bro untuk menunjang kesuksesan sebuah pabrikan motor, jaringan dan layanan after sales juga sangat penting. Dan itu yang harus dibenahi Kawasaki saat ini bila ingin lebih bersaing dengan […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: