jump to navigation

Larangan Menggunakan Ponsel di SPBU, Realitanya Masih Banyak Yang Melanggar 19 Juni 2014

Posted by Cak Akim in Uncategories.
Tags: ,
trackback

Motohits – Bro sis sekalian, pada hakikatnya aturan dibuat untuk kita patuhi. Sebab dalam aturan biasanya terkandung poin-poin keamanan atau keselamatan baik pribadi maupun utnuk khalayak umum. Tak terkecuali aturan larangan menggunakan ppnsel saat di stasiun pengisian bahan bakar (SPBU). Dalam setiap SPBU pasti ada larangan yang demikian, tujuannya tentu agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Nah dalam artikel ini motohits akan membahas sedikit mengenai realita pemberlakuan aturan ini di SPBU..

Beberapa hari lalu motohits mampir disalah satu SPBU di pantura Pekalongan, Jawa Tengah. Disana terlihat beberapa orang yang sedang mengantri, ya sudah motohits langsung ikut ngantri saja. Dalam antrian tersebut motohits menjumpai seorang bapak yang ikut ngantri juga, namun si bapak tersebut terlihat menggunakan ponsel untuk berkomunikasi. Awalnya saat bapak tersebut menggunakan ponsel memang jarak dari pompa bensin masih agak jauh. Motohits beranggapan nanti kalau sudah dekat dengan petugas pastilah ditegur. Namun setelah beberapa menit giliran bapak tersebut dilayani petugas untuk mengisikan bahan bakar ke motornya, ternyata ponsel masih digunakan. Anehnya, petugas SPBU tidaklah menegur sama sekali. Jian tepuk jidad tenan ki..

Entah karena takut atau memang kurang mengetahui pentingnya aturan ini petugas SPBU dengan ramah melayani bapak tersebut tanpa menegur tindakan yang seharusnya dilarang. Tetapi dibilang kurang mengetahui aturan ini sepertinya tidak masuk akal, mestinya saat training kerja di SPBU sudah diberikan pembekalan mengenai aturan-aturan yang ada dalam SPBU. Terlebih aturan ini sudah bersifat umum, artinya siapapun sebenarnya sudah mengetahui. Jadi kesimpulan yang bisa motohits tarik yakni petugas tersebut takut atau memang acuh saja.

Padahal kita tahu menggunakan telepon genggam saat di SPBU merupakan tindakan yang bisa berakibat fatal. Sinyal radiasi yang ditimbulkan ponsel bisa saja berkontraksi dengan uap bahan bakar saat pengisian di tangki, dan resikonya tentu saja bisa meledakan SPBU. Namun realitanya masih saja yang banyak mengabaikan peraturan ini. Menganggap sepele aturan yang sebenarnya penting ini, baik petugas maupun konsumen itu sendiri.

Memang di Indonesia sendiri sepengetahuan motohits belum pernah terjadi resiko yang ditimbulkan dari ponsel saat di SPBU. Namun bila melihat video berikut mungkin kita bisa berfikir dua kali untuk menggunakan ponsel di SPBU.

Nah sudah sepatutnya sosialisasi dan peringatan perlu ditingkatkan lagi. Terlebih untuk petugas SPBU yang notabnene mempunyai hak dan kewajiban untuk menegur dan memberikan arahan jika menjumpai hal serupa diatas. Selain itu kesadaran kita sebagai konsumen juga perlu ditingkatkan pula. Jangan menunggu untuk di peringatkan, jadikan ini sebagai peraturan pribadi. Artinya sebuah keharusan bagi kita pribadi untuk tidak menggunakan ponsel ketika di SPBU. Motohits yakin dengan kombinasi kesadaran konsumen dan petugas SPBU yang tegas akan membuat peraturan ini akan dipatuhi, dan nantinya tidak akan dijumpai lagi hal-hal seperti yang motohits jumpai.

So… Berponsel ria di SPBU?? Sok penting banget si.. :p hehe

Semoga berguna

Komentar»

1. nivikoko - 19 Juni 2014
chakim92 - 21 Juni 2014

Tingkat kesadarannya masih kurang kang..

2. Hermawan - 4G92Mivec - 19 Juni 2014

Memang kesadarannya masih kurang, banyak terjadi dimana-mana. Sebaiknya memang petugas SPBU yang harus tegas…

https://4g92mivec.wordpress.com/2014/06/19/honda-mobilio-rs-lebih-keren-dan-fitur-melimpah/

chakim92 - 21 Juni 2014

Sayangnya petugasnya mlempem mas bro.. Kadang malah maenan hp sndri, hadeh

chakim92 - 21 Juni 2014

Sayangnya petugasnya justru mlempem mas bro, hadeh…

3. RPMspeed - 19 Juni 2014
chakim92 - 21 Juni 2014

Yups, bner bnget

4. Ferboes Richardson - 19 Juni 2014

Saya pernah diceritain salah satu teman yg kerja di SPBU shell tentang SPBU yg meledak karena radiasi HP. Sejak saat itu saya gak pernah lagi menggunakan HP saat pengisian BBM 🙂
http://ferboes.com/2014/06/18/yamaha-r15-kena-tilang-gara-gara-lampu-nyala-sebelah/

chakim92 - 21 Juni 2014

Mantapp…. Mas perbus patut dicontoh nih

5. Rideralam - 19 Juni 2014
chakim92 - 21 Juni 2014

Itulah yang bkin tepuk jidad..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: