jump to navigation

Perlahan Kawasaki Semakin Menjadi Trendsetter 26 Mei 2014

Posted by Cak Akim in kawasaki, motorcycle.
Tags: , , ,
trackback

Motohits – Bro sis sekalian, kali ini motohits mau sedikit sharing opini tentang pabrikan kawasaki di Indonesia. Sesuai judul, disini akan dibahas mengenai tren setter yang diciptakan kawasaki sebelum pabrikan lain menciptakannya. Yups, seperti yang kita tahu kawasaki memang enggan ikut nyemplung di segmen-segmen gurih yang memang sudah dikuasai oleh kompetitor. Sebagai contoh segmen matic, bebek, dan sport naked 150cc. Nah menariknya Kawasaki justru membuka segmen baru yang memang belum banyak produsen bermain disegmen ini. Kawasaki mengadu peruntungan dengan membuat produk baru diluar pasar yang gurih.

Beberapa kasusnya diantaranya ketika Kawasaki mulai menjual moge di tanah air. Memang tidak banyak penyerapan marketshare dalam segmen ini, namun lebih ke image. Dan sekarang? seperti yang kita tau beberapa kompetitor juga ikut menjual mogenya di tanah air. Sebut saja Yamaha, kini pabrikan berlogo garpu tala ini menjual beberapa produk mogenya dengan label Yamaha CBU.

Selain moge ada juga sport 250cc. Yups, kawasaki mulai nyemplung disegmen ini dengan Ninja 250. Banyak yang menilai Kawasaki cukup berani membuka segmen ini, sebab secara harga memang sport bike 250cc tergolong premium dan mahal. Namun sekarang langkah kawasaki ini bisa dibilang sukses. Betapa tidak, ninja 250 menjadi motor paling laris disegmen sportbike 250cc di Indonesia. Selain itu motor ini juga disegani karena desain dan performancenya yang memang nggak setengah-setengah. Selang beberapa waktu, honda mengikuti jejak kawasaki dengan CBR250nya. Dan kini yamaha juga tertarik untuk ikut meramaikan dengan R25.

Kasus lain disegmen Motor trail, walaupun segmen ini tidak segurih segmen lainnya. Namun secara berani kawasaki merilis beberapa varian motor trail. Hasilnya? Kawasaki mampu menciptakan image sebagai motor tangguh dengan KLX seriesnya.. Entah kapan tahunnya bisa saja kompetitor juga bakal nyemplung disegmen ini.

Nah yang terbaru adalah segmen classic bike 250cc. Apalagi kalau bukan Estrella 250. Motor dengan gaya retro ini mulai dijual Kawasaki di tahun ini. Secara harga motor ini tergolong tinggi, dengan mesin 250cc satu silinder kawasaki membendrolnya mulai dari 64,9juta otr jakarta.

Dari beberapa kasus tersebut bisa motohits tarik kesimpulan bahwa Kawasaki memang lebih berani mengadu peruntungan dengan membuka segmen baru. Tidak seperti kompetitor yang bisa dibilang bermain aman, menciptakan produk di segmen yang memang gurih. Sekalipun sudah ada kompetitor lainnya yang menguasai. So, diakui atau tidak Kawasaki kian menjadi trendsetter. Sepakat?

Semoga berguna

Komentar»

1. java36 - 26 Mei 2014

jozz

chakim92 - 27 Mei 2014

gandossss

2. andhi_125 - 26 Mei 2014

divisi r&d jalan kenceng tuh…jadi acuan, yang lain ngikuuuuttt
http://aslimalang.wordpress.com/2014/05/26/modif-cb150r-spoke-wheel-alias-ruji/

chakim92 - 27 Mei 2014

shippppp.. setuju

3. Maskur - 26 Mei 2014

berarti orang sini makin kaya

chakim92 - 27 Mei 2014

bisa jadi begitu kang, lha wong r25 saja udah di inden ribuan orang 😀

4. donal R25 - 26 Mei 2014

itu bukan brani tapi mencari celah yg bisa di jual dan di serap pasar bro.

chakim92 - 26 Mei 2014

Iya, trus yang lain cuma ngikutin celah yg udah dicari Kawak, 😀

kodokijo - 4 November 2014

Lha, kl berdasarkan asumsi ente berarti Kawak goblok dong, krn sehrsnya yg namanya cari lahan yg bs diserap pasar kan hrsnya ngincer segmen yg prosentase pasarnya paling tinggi. Dan juga, ngapain kok akhirnya pada ngikutin jualan motor sport 250cc serta moge???????? Dr statement ente emang kelihatan banget kl ente begitu antipati ama genk ijo, sama seperti mayoritas konsumen sini.

kodokijo - 4 November 2014

Dan sepertinya dr fakta yg ada, Yamaha yg paling getol nyari aman, buktinya nyemplung ke segmen sport 250cc paling bontot, setlh mempelajari kelemahan2 produk kompetitor. Walaupun Suzuki ogah2an, tp setidaknya Suzuki lbh bernyali ketimbang Yamaha. Saya ini bks fans fanatik Yamaha dr sejak msh ABG thn 80an sampai udah umur kepala 4, tp justru Kawasaki lah yg bisa menuhin hasrat saya. I follow only the greatest!!!

5. Hermawan - 4G92Mivec - 26 Mei 2014
chakim92 - 27 Mei 2014

salaman jarak jauh 😀

6. motobikerz - 26 Mei 2014

MICHELIN Indonesia berkomitmen bawa konsep MICHELIN Total Performance
http://motobikerz.com/archives/4692

chakim92 - 27 Mei 2014

shipp

7. Ferboes Richardson - 26 Mei 2014
chakim92 - 27 Mei 2014

mindset yang sulit dirubah itu mas bro…

8. ridertasik - 26 Mei 2014
chakim92 - 27 Mei 2014

sekalipun itu cbr 😀

9. kodokijo - 4 November 2014

Apa boleh buat bro, mau gak mau hrs ngincer segmen yg blue ocean. Saya kira pihak Kawasaki emang kudu realistis, dan mereka sadar gak bakal mampu nandingin Honda dan Yamaha di segmen sejuta umat. Juatru dr sini lah Kawasaki secara gak sengaja malah menjadikan produk Kawasaki sebagai trend setter dan pionir. Sekarang coba kita lihat, pelan tp pasti, pabrikan Jepang bahkan non Jepang pun jadi ikutan nyemplung di segmen yg digarap Kawasaki. Dan krn ulah Kawasaki lah, maka hari ini kita bisa nyicipin motor2 yg lbh berkelas dan.beragam. Thanx to you Kawasaki, i salute you!!! Note: hanya org2 yg berpikiran kerdil alias sempit yg kaga mau mengakui statement ini!

chakim92 - 10 November 2014

mantapp mas bro

10. Viar Rilis Cross X 250 SE Seharga Rp 32 Jutaan, Mantap… | motohits.com - 22 Februari 2015

[…] masalah budget..Btw sekarang makin ramai saja nih segmen motor trail di Indonesia. Dan lagi-lagi, Kawasaki yang menjadi trendsetternya.. […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: