jump to navigation

Menerawang Kans New CBR250R Ditengah Panasnya Persaingan Sportbike 250cc. 16 Mei 2014

Posted by Cak Akim in honda, motorcycle.
Tags: , , ,
trackback

Motohits – Bro sis sekalian, menyambung artikel sebelumnya mengenai kehadiran New CBR250R dual keen eyes yang beberapa waktu lalu resmi dirilis di Indonesia, pada artikel kali ini motohits akan mencoba berpendapat bagaimana kans nya ditengah persaingan sportbike 250cc full fairing di tanah air. So bagaimana kansnya? Monggo....

Memang secara tampilan kesan agresif nampak jelas di CBR250R dual keen eyes ini, aura superbike CBR1000RR begitu kental. Kesan kalem sepertinya mulai dihilangkan oleh Honda. Selain itu fairing yang lebih ramping juga menjadikan New CBR250R semakin sporty. Kalau boleh motohits bilang mampu dah untuk sedikit bersaing dengan kompetitor.

Tidak hanya desain baru, performance yang ditawarkanpun mengalami peningkatan. Yups, generasi baru dari CBR250R ini memiliki power maksimal sebesar 29Ps. Artinya mengalami peningkatan bila 1Kw dibandingkan dengan pendahulunya.

Nah sekarang coba kita bandingkan dengan kompetitor yang ada. Perbandingan yang akan motohits bahas hanya spek mesin, performance dan harga, soal desain sengaja motohits tidak bahas. Tentu saja karena penilaian desain tergantung pada masing-masing pribadi. Secara spek mesin New CBR250R ini masih menganut singgle cylinder, sedangkan dua kompetitor yang menghadang (ninja 250 Fi dan R25) menganut dual cylinder. Walaupun efisiensi bahan bakar secara logika lebih unggul silinder tunggal, namun harus di akui konsumen indonesia mempunyai mindset dual cylinder lebih superior. Mungkin karena sensasi suara yang ditawarkan lebih merdu. Selain itu memang ada kebanggan tersendiri ketika mempunyai motor dengan jumlah silinder lebih dari satu. Jadi dari segi ini New CBR250R tidak lebih unggul dibandingkan kompetitor. Lho Ninja 250 RR mono bagaimana? Nanti kita bahas dari segi harga.

Lanjut ke performance, disini motohits hanya membandingkannya dengan Ninja 250 Fi. Tentunya tau kan karena spek R25 belum secara resmi dirilis Yamaha. Nah New CBR250R ini menawarkan mesin yang diklaim Honda mampu menghasilkan power 29,0 PS pada 9.000 rpm serta torsi 23 Nm pada 7.500 rpm, sedangkan Ninja 250 Fi mampu menghasilkan power 23.5 kW (32 PS) pada 11.000 rpm dan Torsi 21.0 Nm pada10.000 rpm. Bisa dilihat Ninja 250 Fi lebih unggul secara performance. Nah bila nantinya R25 yang diklaim akan memiliki performance lebih unggul dibandingkan Ninja 250 Fi bisa dibayangkan sendiri lah..hehe

Lanjut segi harga. Kendati mendapatkan upgrade desain dan performance, harga yang ditawarkan AHM pada CBR250R ini masih tetap sama dengan pendahulunya yakni Rp. 48,95jt untuk versi STD,
Rp, 49,95jt versi non abs livery repsol, Rp. 56,7 untuk versi ABS, dan Rp. 57,95 juta ABS livery repsol. Sedangkan Ninja 250 Fi 53,7juta untuk versi standar dan 61,6juta untuk versi SE+ABS. Sedangkan Yamaha R25 memang belum bisa diketahui bandrol harganya, namun menurut rumor yang berkembang kemungkinan R25 akan dibandrol lebih rendah dari Ninja 250 Fi mengingat statusnya yang bakal diproduksi di Indonesia sendiri. Nah lebih rendahnya bakal lebih rendah juga dari CBR250R nggak, kita anggap saja tidak. Artinya dibanding 2 kompetitor tersebut CBR250R lebih murah. Namun bukan berarti bakal unggul, seperti yang kita tahu Kawasaki sudah menyiapkan Ninja 250 RR mono yang memang dibandrol jauh dibawah CBR250R. Yups, dengan spek mesin sama-sama singgle cylinder range harga yang jauh menjadikan CBR250R terkesan over price.

Last, kesimpulan yang bisa motohits tarik dari beberapa penjabaran diatas rasanya koq CBR250R berat ya untuk bersaing dengan kompetitor yang ada. Namun tentu saja, ini hanyalah opini motohits pribadi. Selebihnya pasti AHM sudah memperkirakan hal-hal demikian dan punya strategi khusus untuk tetap menghidupkannya. Kalau menurut mas bro sekalian bagaimana? Monggo berikan opininya…

Semoga berguna

Komentar»

1. Ferboes Richardson - 16 Mei 2014

Dikelas ini sepertinya 2 silinder lebih memiliki saya tarik kuat untuk tetap lebih diatas satu silinder penjualannya. Imho
http://ferboes.com/2014/05/16/harga-ikan-ikan-ini-selalu-stabil/

Ferboes Richardson - 16 Mei 2014

Maksudnya daya tarik kuat. Salah ketik

chakim92 - 16 Mei 2014

yups,, setuju mas, karena mindset konsumen yang menganggap dua silinder lebih jos

2. daniedoank - 16 Mei 2014
chakim92 - 16 Mei 2014

gandossss

monggo om

3. warungasep - 16 Mei 2014

Wuih rumah baru nih mas bro… Numpang koment ya… Mantap terawangannya… 😀

koment kreatif dan berbobot… http://warungasep.wordpress.com/2014/05/16/motor-hypersport-yang-badag/

chakim92 - 16 Mei 2014

iya ni mas bro,, mksih sudah mampir

4. emang - 16 Mei 2014

meskipun cbr kalah power dari ninja tapi pada arena balap 250 cc justru yang menang cbr….menurut saya kenyataan dilapangan power dan speed semuanya akan sama karena honda memiliki mesin yang fleksibel…..

chakim92 - 16 Mei 2014

wah masukan nih…. kadang memang spek pabrikan tidak sesuai realnya ya..
mksih mas sudah berkunjung

5. setia1heri - 16 Mei 2014

harga diatas masih kisaran…belum confirmed and fixed…cmiiw
http://setia1heri.com/2014/05/15/tikum-kopdar-jatimotoblog-di-kota-pudak-gresik/

chakim92 - 16 Mei 2014

waduh. belum fix ya mas, ok deh nanti tax koreksi,, mksih mas

6. HRS - 16 Mei 2014

mungkin analisanya tdk jauh meleset..krn sbenarnya honda cuma menang brand aja dan skarang mulai terkikis kpercayaan konsumen, lambat laun nama honda akan tenggelam dg sendirinya jk tdk pernah peduli kemauan konsumen..krn skrg byk konsumen yg merasa dikelabuhi dg hrga yg mnjulang dg tekno serta kualitas kalah dg kompetitor

chakim92 - 16 Mei 2014

hehe… biar konsumen sendiri yang menilai soal kualitas..

7. alif - 17 Mei 2014

bahas ninja 250 rr mono dengan new honda cbr 250 kecepatan,akselerasi DLL.

chakim92 - 17 Mei 2014

Boleh2… Nanti mas bro klo udah ada data/testride langsung..hehe

8. cah ndeso - 18 Mei 2014

maksudnya terkikis dr mana ya? saat ini aja ms nya honda diatas 60%… itu bukti kepercayaan konsumen semakin tinggi…
sebagai contoh mio yang dulu laris manis bak kacang goreng sekarang tak berdaya bahkan penjualan all matic yamaha tak sanggup menghadang beat..

chakim92 - 18 Mei 2014

Beda segmen


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: